Sabtu, 22 September 2012

Sejarah Kalkulator


Tahukan anda sebuah alat hitung yang sekarang sudah umum untuk digunakan?? Pasti anda semua sudah tau namanya. Namanya ialah kalkulator. Mungkin anda semua sudah sering menggunakan alat ini. Alat ini digunakan untuk menghitung suatu angka yang dioperasikan dengan fungsi aritmatik. Tapi tahukan anda sejarah dari kalkulator tersebut? Jika belum tahu, mari kita ulas sejarah kalkulator.

Sejarah Kalkulator Pertama (5000 tahun yang lalu)


Ini adalah alat hitung pertama yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu. Alat ini digunakan di asia atau bahkan masih digunakan di masa sekarang ini. Alat ini bernama abacus. Abacus ini menggunakan biji-bijian geser yang digunakan disebuah rak sebagai operasi hitung. Semenjak kertas dan pensil muncul, alat ini mulai hilang popularitasnya.

Sejarah Kalkulator Kedua (1642)


Hampir 12 abad setelah penemuan alat hitung generasi pertama, seorang pemuda bernama Blaise Pascal (1623-1662) yang pada saat itu berumur 17 tahun menemukan sebuah alat hitung untuk membantu ayahnya. Alat ini dinamakan kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator). Alat ini menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga depalan digit. Alat ini mempunyai sisi lemah pada saat melakukan penjumlahan.

Sejarah Kalkulator Ketiga (1964)


Seorang matematikawan bernama filsuf Jerman dan Gottfred Wilhem von Leibniz memperbaiki mesin kalkulator generasi ketiga agar dapat dikalikan. Alat ini menyempurnakan apa yang belom sempurna dari kalkulator generasi ketiga, sehingga alat yang digunakan sama yaitu roda gerigi.

Sejarah Kalkulator keempat


Alat ini ditemukan oleh Charles Xavier Thomas de Colmar. Alat ini dapat mengoperasikan 4 fungsi aritmatik yaitu x, +, -, :. Alat ini digunakan sampai masa perang dunia I.

Sejarah Kalkulator kelima


Alat menghitung ini dibuat oleh Herman Hollerith (1860-1929). Alat ini menerapkan prinsip kartu perforasi. Kartu ini dapat menyimpan data hingga 80 variabel. Awalnya alat ini untuk perhitungan sensus penduduk di Amerika Serikat. Tanpa alat ini, perhitungan sensus penduduk di Amerika Serikat belangsung selama 7 tahun bahkan 10 tahun. Tapi dengan adanya alat ini hanya diselesaikan dalam waktu 6 minggu.

Sejarah Kalkulator keenam


pada tahun 1931 Vannevar Bush (1890-1974) menemukan sebuah kalkulator yang dapat menyelesaikan persamaan diferensial yang dianggap sangat rumit di kalangan akademis pada tahun 1931. Tapi mesin tersebut amat sangat berat dan besar karena memiliki banyak sekali gerigi dan poros. Di tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry menerapkan aljabar boolean pada sirkuit elektrik. Terapan tersebut diterapkan di komputer elektrik. Jadi mereka membuat komputer elektrik pertama pada tahun 1940.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar