Rabu, 03 April 2013

Christmas Tree Worm

Christmas Tree Worm  Gadis


Biasanya kita bakal merasa jijik kalau sudah berurusan sama cacing. Tapi, cacing yang satu ini dijamin justru bakal bikin gemas. Soalnya bentuknya yang imut dan warnanya yang cantik selalu bikin kita penasaran buat mendekat ketika menemukannya di bawah laut.

Cantik Menarik  
Binatang laut yang kecil ini hidup di perairan tropis dan biasanya bisa kita temukan di atas terumbu karang. Bentuknya seperti pohon Natal mini dengan tinggi kurang lebih hanya 3.8 cm. Selain ukurannya yang kecil banget dan hobinya nongkrong di terumbu karang, daya tarik cacing ini adalah warnanya yang beraneka ragam, mulai dari oranye, kuning, biru dan putih sampai berbagai kombinasi warna lainnya.

Sensitif
Sayangnya, meskipun penampilannya sangat cantik, dia pemalu dan sensitif. Buktinya sebuah bayangan yang lewat di depannya saja, bisa bikin makhluk laut ini langsung menutup semua bulu-bulunya. Biasanya, butuh waktu semenit supaya bulu-bulu itu bisa muncul lagi dari badannya, tentunya secara perlahan-lahan untuk menguji apakah keadaan sudah aman. Lalu, barulah bulu-bulu itu mengembang sepenuhnya. Ini adalah bentuk pertahanan diri si Christmas tree worm.

Makan dan Bernapas
Cacing ini punya spiral kembar yang terdiri dari bulu-bulu. Nah, si spiral bulu-bulu ini dipakai buat makan dan bernapas. Cara cacing ini menangkap makanan juga termasuk unik. Soalnya dia menggunakan bulu-bulunya untuk menangkap plankton dan partikel-partikel kecil lainnya yang lewat di dalam air. Lalu makanan ini dioper ke dalam mulut si cacing. Unik!


sumber: http://www.gadis.co.id/gaul/aksi/christmas.tree.worm/001/006/247

Tidak ada komentar:

Posting Komentar