Rabu, 22 Agustus 2012

Red Velvet Cake nan Menggoda

Sering mendengar keluarga atau teman membicarakan red velvet cake? Jangan heran. Kue yang satu ini memang sedang digemari oleh banyak penggemar kuliner. Mulai dari bakery, café, hingga hotel berkelas pun berlomba-lomba menyajikannya. Apakah Penyuka Masak tahu asal-usulnya? Ternyata kue ini punya sejarah yang panjang!

Nah, untuk warna merahnya sendiri ada ceritanya. Mitos yang banyak dipercayai, warna khas kue ini didapat dari reaksi kimia antara baking soda dan bubuk kokoa yang digunakan. Ternyata menurut riset, hal itu tidak ada hubungannya. Warna merah terbaik untuk red velvet cake memang hanya bisa didapat dari pewarna makanan. Pada masa Perang Dunia ke-dua, karena kesulitan bahan di mana-mana, para pastry chef mengganti pewarna makanan ini dengan jus sayur bit untuk mempertahankan warna kue ini. Menarik bukan?


Ternyata, jika kalian ingin mencoba membuat red velvet cake yang autentik, ada beberapa tips yang bisa diikuti lho! Apa saja sih?
1) Sebaiknya gunakan bubuk kokoa walaupun tidak terlalu banyak mengingat ini bukan chocolate cake.
2) Kue ini memang perlu menggunakan pewarna makanan untuk mendapatkan warna merah yang cerah.
3) Paduan klasik frosting yang digunakan adalah cream cheese frosting.
4) Adonan kue biasanya dicampur dengan kacang pecan.
5) Kualitas bahan yang digunakan sebaiknya berkualitas tinggi.
6) Takaran bahan yang digunakan akan lebih baik jika benar-benar akurat. Konon katanya ini yang menghasilkan kelembutan dan keseimbangan rasa kue yang pas.
7) Sebaiknya gunakan hand mixer agar adonannya tidak terlalu kuat teraduk yang cenderung membuat kue sulit mengembang sempurna.
8) Gunakan minyak sayuran karena bahan ini dapat menghasilkan kue yang lebih lembut dibanding bahan lainnya.
Konon jika kita mengikuti tips-tips yang sudah disebutkan di atas, kita dapat menghasilkan red velvet cake yang mirip dengan saat kue ini pertama kali populer pada tahun1920-an. Apakah para Penyuka Masak sudah siap untuk membuat kue yang bersejarah ini? Hmm..seperti kembali ke masa lalu dengan sepotong kue yang enak! Happy baking!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar