Minggu, 13 Oktober 2013

Do's & Don'ts Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

img
Memiliki gigi yang kuat dan mulut sehat hingga tua tentu diinginkan setiap orang. Namun banyak yang salah dalam merawat gigi dan mulut sehingga terjadi kerusakan seperti gigi keropos, gusi berdarah, penipisan email, gigi berlubang dan sebagainya. Untuk itu, rawatlah gigi Anda secara benar dengan cara berikut, yang dipaparkan nutritionist dan konsultan diet Shilpa Mittal, dikutip dari Health Me Up.

1. Sikat Dua Kali Sehari
Gosoklah gigi minimal dua kali sehari dengan sikat gigi yang berbulu lembut serta pasta gigi mengandung fluoride. Fluoride berfungsi menguatkan gigi.

2. Pijat Gusi
Pijat gusi minimal dua kali seminggu. Memijat gusi berfungsi mencegah periodontitis, yaitu infeksi gusi yang bisa merusak tulang serta jaringan di sekitar gigi. Gusi yang rajin dipijat akan berkembang dengan baik dan menghasilkan mulut sehat. Pemijatan gusi bisa dilakukan dengan sikat gigi berbulu lembut. Sikat gusi perlahan-lahan dengan gerakan memutar. Jangan ditekan terlalu keras karena bisa membuat gusi berdarah.

3. Bersihkan Lidah
Jaga kebersihan lidah dengan membersihkannya setiap selesai sikat gigi menggunakan pembersih lidah. Gerakkan pembersih lidah dari pangkal menuju ujung lidah.

4. Jangan Merokok
Hindari merokok, karena zat-zat beracun yang terdapat di dalamnya berpotensi meningkatkan risiko kanker mulut. Kebiasaan merokok juga bisa membuat gigi kuning dan bernoda.

5. Minum Cukup Air
Cukupi asupan cairan, terutama air putih agar mulut tetap lembab. Minumlah cairan minimal delapan gelas sehari. Mulut yang kering bisa menyebabkan sariawan, radang dan bau mulut.

6. Hindari Kopi
Hindari terlalu sering minum kopi, soft drink dan teh setiap hari. Kebiasaan ini bisa membuat area mulut jadi sarang bakteri penyebab kerusakan gigi dan penipisan email.

7. Makanan
Kuatkan gigi Anda dengan diet yang tepat. Perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, tomat, wortel dan susu (jika Anda tak memiliki intoleransi laktosa).

8. Hindari Makanan Manis dan Lengket
Makanan manis dan lengket akan menempel pada permukaan gigi dan sulit dihilangkan meskipun sudah disikat. Jadi kurangi konsumsi makanan manis dan lengket. Cukup sehari sekali, atau bahkan seminggu sekali.

9. Kontrol
Rajin kontrol kesehatan gigi Anda. Luangkan waktu satu kali dalam enam bulan ke dokter gigi agar kesehatan gigi dan mulut selalu terjaga.


sumber: http://wolipop.detik.com/read/2013/09/16/150259/2359973/1135/do-s-don-ts-merawat-kesehatan-gigi-dan-mulut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar