Jumat, 04 Oktober 2013

Pesan di Balik Amarah Ortu

Pesan di Balik Amarah Ortu Gadis
Setiap kali mama atau papa marah dan menghukum kita, rasanya sebel banget! Kita jadi bĂȘte dan ngambek sama mereka, karena bikin hari kita jadi sendu. Bahkan terkadang, kita balik marah dan membenci mereka. Padahal di balik amarah orangtua tersimpan beberapa pesan penting yang sering kita lewatkan, yaitu:

Kekhawatiran
Semua orangtua pasti punya naluri untuk melindungi anaknya. Makanya, mereka lalu bikin peraturan yang harus kita ikuti demi keselamatan dan kebaikan kita. Jadi, begitu kita melanggar aturan mereka, otomatis ortu merasa khawatir terjadi sesuatu yang nggak diinginkan terhadap diri kita.

Nasehat
Terkadang saking kesal atau takutnya melihat amarah ortu, kita nggak melihat bahwa ortu sebenarnya memberikan nasehat di balik kata-kata marahnya. Jadi, meskipun kita nggak suka dengan nada marahnya ortu, sebisa mungkin tangkap kata-kata/ pesan dari mereka.

Pembelajaran
Di saat ortu menghukum kita, sebenarnya mereka ingin kita belajar sesuatu dari kesalahan yang kita buat. Mereka ingin kita tahu bahwa selalu ada dampak dari setiap perbuatan yang kita lakukan. Jadi, kita harus siap menerima tanggung jawab dari segala tingkah laku kita.

Harapan
Saat memberikan hukuman atau serangan amarah, ortu berharap kita nggak akan mengulangi kesalahan yang sama. Ortu juga berharap kita akan bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Perhatian
Seharusnya kita bersyukur ortu marah sama kita karena itu artinya mereka masih memperhatikan kita. Coba kalau ortu nggak perhatian, apapun yang kita perbuat, mereka nggak akan peduli. Sehingga, kita pun nggak tahu apakah tindakan kita salah atau benar?

Kasih Sayang
Yap, percayalah selalu ada kasih sayang di balik amarah ortu. Coba kita datangi ortu ketika mereka sudah tenang, lalu minta maaf serta berjanji nggak akan mengulangi kesalahan. Pasti kita akan mendapatkan pelukan dan kalimat sayang dari ortu.



sumber: http://www.gadis.co.id/gaul/cinta.melulu/pesan.di.balik.amarah.ortu/001/005/358

Tidak ada komentar:

Posting Komentar